Cara Menjadi Youtuber Sukses !

Berikut adalah beberapa tips konten video yang bisa dilakukan apabila anda ingin menjadi seorang Youtubers :

1. Ini adalah hal paling penting sebelum anda membuat video
Tanyakan ke orang sekitar anda mengapa mereka mau meliat video di Youtube? QuickSprout menjawab pertanyaan ini dengan dua hal. Orang melihat Youtube karena : 1. Ingin mencari belajar dan solusi permasalahan yang mereka punyai dan yang 2. Mereka ingin hiburan. Cuma dua itu saja.
Seorang teman kemaren bercerita bagaimana tetangganya mulai menghasilkan 12 juta rupiah sebulan dari Youtube. Video ada 50an sekarang dan idenya simpel, tentang mainan anak-anak. Dia mendapatkan earning pertama setelah upload sekitar 30an video tentang mainan anak-anak. Itupun baru sekitar 1,4 juta. Learning curve dari Youtuber ini adalah sekitar 4 bulanan. Maksudnya, empat bulan pertama dia hanya telaten meng-upload video saja. Tidak ada pemasukan sama sekali. Di bulan ke 5 baru mendapatkan earning pertama. Hepinya luar biasa.
Idenya yang gila : anak-anak jaman sekarang gak ada yang buta tentang Youtube. Jadi mereka bakal nyari maenan yang mereka suka di youtube. Jujur saja, saya sudah banyak sekali melihat fenomena seorang anak rewel dan kemudian diputarkan video tentang maenan kesukaannya di Youtube oleh orang tuanya pake iPad atau handphone. Anaknya kemudian gak jadi rewel, fokus melihat video.
Target ke anak-anak ini sangat menguntungan. Jelas mereka tidak akan SKIP ads-nya. Mereka akan melihat iklan sebagai bagian dari video yang harus mereka liat. Yang kedua, anak-anak sangat memungkinkan meng-klik iklan dengan sengaja atau tidak sengaja, hanya karena mereka tidak mengerti itu apaan.
Beberapa top 20 Youtuber sedunia juga menyasar ke niche ini. Berarti menguntungkan. Ya kan?
Contoh Video YouTube

2. Buatlah Video Pendek
Youtubers di Indonesia mempunyai video rata-rata diatas 10 menit. Raditya Dika malah diatas 40 menit karena episode ‘Malam Minggu Miko’ memang tayang di KompasTV (pada saat itu). Tapi tetep saja, buatlah video yang pendek. Gak perlu panjang. Apalagi kalau anda membuat video amatir.
3. Lighting! Lighting! Lighting!
Perhatikan unsur yang satu ini. Banyak problem yang muncul di video Youtube karena pencahayaan yang tidak mendukung. Bahkan sebuah video kamera yang mahal (apalagi kamera handphone) masih kesusahan menangkap image yang sangat detail. Kalau anda serius, beli saja Soft-Box Lighting Kit yang banyak dipake oleh photographer profesional.
4. Edit Video
Banyak yang berpikir, mereka mempunyai konten yang bagus untuk video tetapi dengan sembrono mengupload video yang masih mentah. Kalau ingin terlihat professional, jangan lakukan itu. Edit videonya, pemirsa berhak mendapatkan konten video yang bermanfaat dengan gambar dan suara yang jelas. Hilangkan konten yang tidak perlu dan jangan lupa tambahkan opening tittle (sesuai dengan brand Youtube Channel yang anda punya dan juga musik.
Edit video bisa dilakukan dengan berbagai video software seperti : Movie Maker, iMovie, Camtasia atau VirtualDub. Khusus untuk musik, untuk mendapatkan musik instrumentalia yang bisa dipakai oleh siapa saja, silakan liat di : Playlist No Copyrght. Ingat, Youtube mempunyai kebijakan yang sangat ketat tentang musik. Sekali anda pakai musik orang lain, akun anda akan di banned.
4. Masukkan Judul dan Deskripsi Video dengan tepat
Biar bagaimanapun juga, Youtube ini punya Google. Untuk menambah kekuatan video agar mudah ditemukan, masukkan judul dengan pertimbangan basic SEO. Cari dulu ‘kata kunci’nya dan masukkan ke judul. Jangan lupa masukkan kata kunci itu di deskripsi juga, ini bisa dilakukan dua kali di deskripsi. Algoritma Youtube sepertinya tidak banyak berlaku di judul dan tag karena keduanya sangat terbatas. Jadi pasti di deskripsi. Please note : lupakan keyword stuffing. Gak perlu. Beneran deh.
deskripsi
Kalau anda mempunyai website, atau beberapa kali menyebut nama website di video, tulis nama websitenya di deskripsi dan berikan out-link. Jangan lupa juga tulis related keyword-nya di ‘Tag’ juga
5. Pilih Thumbnail Secara Tepat
Youtube akan memberikan 3 pilihan untuk thumbnail, satu pada saat 1/4 video, 1/2 video dan 3/4 video. Seperti dengan judul, pilihlah gambar yang akan membuat orang tertarik untuk meliat.


Video Dengan Thumbnail Custom
6. Buat Playlist
Salah satu fitur yang jarang diketahui orang adalah fitur playlist. Youtube memperbolehkan kita untuk mengatur urutan video yang sudah kita upload. Kita bisa atur video mana yang akan diputar setelah video yang pertama habis. Keuntungan lain dari playlist ini adalah kemungkinan video kita untuk muncul di paling atas pada saat pencarian video di Youtube setelah kita memutar video tertentu. Caranya mudah : masuk ke Video Manager, klik ‘Playlist’ dan klik lagi ‘+New Playlist’. Voila!
7. Pergunakan Annotations
Ini semacam text (biasanya warnanya ngejreng dan pake blink-blink yang suka nongol kalao kita lagi muter video) yang suka nyuruh-nyuruh kita untuk subcribe. Annotations ini juga bisa di klik. Beberapa orang bilang ini adalah alat yang disediakan oleh YouTube untuk nyepam. Cara buatnya juga gak susah : masuk saja ke Video Manager, disebelah video yang akan di edit klik tanda panah kebawah yang ada disebelah kanan menu ‘Edit’. Kemudian klik ‘Add Annotations’ disebelah kanan, dan klik ‘Apply’ ketika sudah beres masukin text di annotations.
8. Pastikan Landing Page-nya mobile responsif
Kalau anda memutuskan untuk memakai annotations yang bisa di-klik, pastikan anda memakai landing page yang mobile responsif. Ini karena seperti yang sudah saya obroilin di awal, separuh pengguna Youtube adalah dari mobile.
9. Bikin video secara regular
Ini tantangan terberat seorang Youtuber. Biasanya ada saja gangguan untuk bisa posting yang regular dan terjadwal. Padahal ini adalah hal yang sangat penting. Bisa saja postingannya ditunggu betul sama pemirsa. Bisa saja.
10. Bagiin Video di Sosial Media
Sebagai sesama tempat untuk narsis, adalah merupakan keharusan untuk membagi video di Facebook, Twitter atau bahkan previewnya di Instagram atau Path. Social sharing menjadi kunci viewers yang bertambah. Semakin banyak yang share, berarti video kita makin disukai.
11. Mulailah berinteraksi sesama Youtuber
Sekarang sudah banyak kopdar yang diselenggarakan, baik oleh Youtuber atau secara resmi oleh Youtube-nya langsung. Ini WAJIB dateng. Bisa nambah wawasan, nyegerin pikiran sama nyari yang bisa di-baperin. 🙂
Selamat Mencoba !

ARTIKEL INI BERGUNA UNTUK ANDA ?, YUK BAGIKAN !

Comments

Popular posts from this blog

Tahukah Kamu, "Kaki Gajah" Adalah Benda Yang Paling Berbahaya Di Dunia

Cara Mendapatkan Uang dari Blog / Website Secara Online untuk Pemula ! (Bisa Kaya Tanpa Susah)

5 Cara Ini Agar Blog Ramai Pengunjung. Nomer 4 akan membuatmu tercengang !