Tahukah Kamu, "Kaki Gajah" Adalah Benda Yang Paling Berbahaya Di Dunia

Assalamualaikum Wr Wb
Pada Kesempatan Kali ini, Iki Opo Go Akan Berbagi Informasi Tentang "Kaki Gajah". Iya Benar Kaki Gajah Tapi Bukan Gajah Yang Itu Loh Langsung Saja Ke Pembahasannya Ya !.


[[Gambar Elephant's Foot]]

Kalian pasti membayangkan penyakit Kaki Gajah atau anomali semacamnya, tapi nyatanya tidak. 
Kaki gajah (the Elephant’s Foot) yang dimaksud adalah bahan bakar nuklir yang meleleh akibat meledaknya reaktor nuklir, Chernobyl.
Akibat ledakan tsb tidak hanya menimbulkan menyebarnya zat radioaktif tinggi yang berbahaya bagi manusia, tetapi juga melahirkan ‘monster’ yang sangat mematikan. 
Monster tersebut dinamakan The Elephant’s Foot(Kaki Gajah).


 [[GAMBAR TEMPAT KAKI GAJAH]]

     “Kaki gajah” adalah suatu massa solid yang terbuat dari bahan bakar nuklir yang meleleh dan tercampur berbagai material lain seperti beton, pasir, dan material penutup lainnya yang meleleh akibat ledakan. 
     “Kaki Gajah” terletak di basement (area bawah tanah) dibawah yang dulunya lokasi inti. 
     Pada tahun 1986, radiasi leveldari “Kaki Gajah” diukur dengan angka yang menunjukan 10.000 roentgens/jam. 
Itu artinya, siapa pun yang mendekat / melihat langsung dibawah 1 menit akan mendapatan dosis yang fatal. 
     Bahkan dikatakan, jika kamu terpapar hanya selama 30 detik, kamu akan menderita pusing-pusing dan kelelahan hebat setelah satu minggu, jika kamu terpapar selama 2 menit, sel-sel kamu akan mulai pendarahan 
     jika kamu terpapar selama 4 menit, kamu akan muntah, diare, dan demam dan jika kamu terpapar selama 300 detik, kamu cuma punya dua hari untuk hidup. 
Mengerikan bukan!
lalu, kenapa dinamakan “Kaki Gajah”? 
disebutkan bahwa mereka mempunyai kesamaan yaitu memiliki rongga primer.
Setelah ledakan nuklir, penyelidikan kadar radioaktif di Chernobyl pun dilakukan.
Setelah enam bulan penyelidikan, para peneliti menemukan “Kaki Gajah” yang memiliki massa radioaktif paling tinggi dibanding benda lain di ruang bahwa Unit 4. 
“Kaki Gajah” memiliki lebar dua meter dan diperkirakan berbobot hingga ratusan ton.
     Pada bulan Mei 1986, konstruksi dimulai untuk menutup radiasi Chernobyl agar tidak meluas keluar dengan membuat kandang beton raksasa.
     Namun, wilayah ledakan Chernobyl tidak semuanya tertutup, konstruksi tersebut dilengkapi dengan jalur akses untuk memungkinkan peneliti dan pekerja untuk masukmeneliti atau membangun. 
     Diperkirakan, radioaktif di bekas ledakan Chernobyl akan tetap ada selama 100.000 tahun ke depan. 
     Fakta mengerikannya lagi, semua orang yang bekerja pada konstruksi tersebut akan meninggal dalam kurun waktu kurang dari satu tahun karena terpapar radioaktif. 
     Chernobyl merupakan l.edakan pembangkit nuklir terburuk sepanjang masa dan “Kaki Gajah” merupakan monster yang lahir karenanya.

*note : fotografer elephant foot tsb juga harus menerima radiasi dalam dosis tinggi, dan berujung kematian, identitas beliau tdk diketahui, oleh karena itu orang yg berjasa membangun & membersihkan reaktor mendapat julukan 'liquidator', bahkan dibuat patung & monument untuk menghargai jasa mereka.


SEKIAN SEMOGA BERMANFAAT

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mendapatkan Uang dari Blog / Website Secara Online untuk Pemula ! (Bisa Kaya Tanpa Susah)

5 Cara Ini Agar Blog Ramai Pengunjung. Nomer 4 akan membuatmu tercengang !